News
Latest information on the conference
Indonesia Menjadi Tuan Rumah Pertama Konferensi Internasional Polisi Wanita se-Dunia Tahun 2020
Thursday 26 September 2019, 00:00
Share:

International Association of Women Police (IAWP) Conference adalah organisasi yang menaungi polisi wanita se dunia, didirikan sejak 1915 di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Hingga saat ini, anggota IAWP terdiri dari 73 negara, dan pada tiap tahunnya mengadakan konferensi internasional di negara yang berbeda.

Setelah berjalan selama 104 tahun, Indonesia terpilih menjadi negara tuan rumah pertama di Asia penyelenggara IAWP Conference tahun 2020, tepatnya di Yogyakarta. Capaian tersebut diraih karena 3 delegasi polwan Indonesia berhasil memenangkan Bidding di Quito, Ekuador pada 5 Maret lalu dengan presentasi yang memukau para Board of Directors. Delegasi tersebut dipimpin oleh Brigjenpol Dra. Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P., M.A, dan beranggotakan AKBP Yuli Cahyanti, S.S., M.Si, serta AKP Anggraini Putri, SIK.

Polwan Indonesia mengangkat tema utama “Women at The Center Stage of Policing” dan berhasil meraih kemenangan saat berhadapan dengan delegasi dari Chichago, Amerika Serikat. Dalam rangkaian persiapan menjelang IAWP 2020, sebanyak 24 delegasi Polwan RI mengikuti The 57th IAWP Training Conference 2019 di Anchorage, Alaska, US dengan tujuan melaporkan perkembangan kesiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah IAWP 2020 pada Board of Director Meeting, melakukan pengamatan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan IAWP 2019 sebagai referensi penyelenggaraan Konferensi IAWP tahun depan.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Brigjenpol Dra. Ida Oetari Purnamasasi, S.A.P., M.A selaku Ketua Region 23 yang membawahi 19 negara, dan didampingi oleh Irjenpol Dr. H.S. Maltha, SIK., S.H., M.Si selaku Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, serta Brigjenpol Krishna Murti, SIK., M.Si selaku Karomisinter Divhubinter Polri.

Pada pembukaan acara, dilaksanakan Parade of Nations yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa Konferensi Internasional ini dihadiri oleh delegasi polwan dari berbagai belahan dunia. Kontingen Polwan RI berhasil menarik perhatian dari warga yang melihat di sepanjang rute parade tersebut dengan yel-yel, seragam dan atribut yang dikenakan.

Kemudian, delegasi dari Polwan RI juga menggelar Hospitality Night yang diketuai oleh Brigjenpol Dr. Dra. Juansih, S.H., M. Hum. untuk mempromosikan budaya Indonesia dan sekaligus mengundang para peserta IAWP 2019 untuk hadir di Yogyakarta pada 2020.

Dalam kegiatan tersebut, delegasi Indonesia berhasil menampilkan pagelaran budaya yang sangat menarik dan mendapatkan apresiasi dari berbagai negara, bahkan melebihi target peserta yang hadir yaitu sejumlah 500 orang.

Selain menyelenggarakan Host Night, dalam rangka mempromosikan IAWP 2020, Delegasi Polri juga ikut serta pada Exhibition Booth IAWP 2019 dengan menyediakan berbagai souvenir khas Indonesia, juga menunjukkan cara membatik kepada pengunjung booth Indonesia. Pendaftaran juga dibuka secara langsung oleh Indonesia bagi peserta yang ingin mengikuti IAWP 2020, dan dapat diakses melalui website resmi: https://iawp.wildapricot.org

Related News
Sunday 29 September 2019, 00:00
Serah Terima Bendera Tuan Rumah IAWP 2019 ke 2020: Alaska ke...

Sebanyak 700 peserta dari 43 negara hadir pada Glacier Gala Dinner di Denaina Convention Center d...

Tuesday 24 September 2019, 00:00
Indonesia Hospitality Night: Cara Polwan Indonesia Hangatkan...

Sejumlah 400 orang perwakilan berbagai negara memenuhi undangan delegasi dari Indonesia untuk had...

Saturday 17 August 2019, 00:00
Negara Asia Pertama Sebagai Tuan Rumah Konferensi Polwan Sed...
Apa itu IAWP?

IAWP merupakan organisasi yang menaungi polisi wanita sedunia yang diresmik...